Jumat, 13 April 2018

WISATA PAYAKUMBUH

Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, keindahan alamnya sangat membentang luas dari Sabang sampai Merauke serta dapat menyejukkan pandangan mata setiap masyarakat dan juga wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu daerah yang mana menyimpan banyak sekali keindahan alam dan objek wisata adalah Payakumbuh yang merupakan suatu kota kecil yang mana berlatar belakang Gunung Sago dan berada pada ketinggian kurang lebih 514 mdpl. Kota tersebut pada awalnya dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda dan dari pusat kota berjarak sekitar 128 km. Jika memang Anda sedang berkunjung ke kota tersebut, maka Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Payakumbuh seperti berikut ini:


Padang Mangateh









Yang pertama adalah Padang Mangateh, tempat ini bisa dibilang New Zealandnya Indonesia, Padang Manateh ini sendiri merupakan suatu padang rumput yang ada pada ketinggian dan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan rerumputan yang luas tersebut merupakan suatu padang yang mana dijadikan sebagai tempat peternakan sapi. Padang rumput seluas 289 ha ini sendiri nantinya akan membuat Anda tidak menyangka jika sedang ada di Indonesia karena rumputnya sangat hijau dan juga subur serta luas, sehingga terkesan sedang berada di luar negeri seperti New Zealand. Tempat tersebut juga sangat instagramable, terdapat ribuan sapi ternak yang ada pada tempat ini dan memang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Air Terjun Lubuak Bulan









Kemudian yang kedua adalah Air Terjun Lubuak Bulan, untuk lokasinya sendiri memang tidak terlalu jauh dari pusat kota Payakumbuh. Air terjun ini sendiri mempunyai lubuk yang mana berbentuk seperti bulan sabit dan juga dikelilingi oleh beberapa tebing yang tinggi. Ketinggian dari air terjun tersebut sekitar 50 meter. Jika Anda sedang berada di air terjun tersebut, maka nantinya Anda bisa merasakan suasana yang menyenangkan dan juga menenangkan, selain itu Anda juga bisa mandi di dalam kolam yang memang cukup unik tersebut. Tempat wisata ini sendiri letaknya ada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, dan berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Payakumbuh. Setelah Anda sampai di lokasi tersebut, maka Anda memang harus memarkir kendaraan dan melakukan trekking kurang lebih selama 3 jam melalui hutan lebat. Meskipun demikian, rasa lelah perjalanan Anda akan terbayarkan dengan melihat keindahan air terjun tersebut.

Kelok Sembilan









Lalu yang ketiga adalah Kelok Sembilan, jika di Agam terdapat kelok 44, maka di kota ini terdapat Kelok 9 yang mana  mempunyai sebuah arsitektur dan juga pemandangan alam yang sangat luar biasa. Di lokasi ini memang dikelilingi dengan bebukitan dan juga pepohonan hijau serta lengkungan yang indah dan membuat jembatannya menjadi salah satu spot foto yang terbaik di Indonesia. Jembatan yang mana menghubungkan provinsi Sumatera Barat dan juga Riau ini sendiri merupakan suatu jembatan dari hasil karya anak bangsa dan dibangun di tahun 1910 serta diperkokoh di tahun 2003. Jembatan ini juga menjadi salah satu landmark Sumatera Barat.

Ngalau Indah









Lalu yang keempat ada Ngalau Indah yang merupaan sebuah gua dan lokasinya sendiri ada di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. Gua ini sendiri memiliki jarak kurang lebih 4 km dari pusat kota dan 31 km dari Bukit Tinggi. Sesampainya di gua ini, maka akan terasa sunyi, gelap dan juga sedikit menyeramkan. Kesan pertama yang ditimbulkan dari gua ini memang rasa merinding. Meskipun demikian jika Anda membawa beberapa alat penerangan dan juga memandangi gua tersebut, maka Anda akan dapat merasakan keindahan dari gua tersebut. Fasilitas yang ada pada gua tersebut memang cukup meskipun belum maksimal. Dan untuk masuk ke dalam gua ini, maka Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- sampai dengan Rp 10.000,- perorangnya. Sangat murah bukan?

Ngalau Sompik









Yang kelima ada Ngalau Sompik, untuk lokasinya sendiri adalah bersebelahan dengan Ngalau Indah, Ngalau Sompik ini  menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Gua ini bisa dikatakan Ngalau Sompik atau sempit karena memang ukurannya yang tidak lebih besar dari Ngalau Indah. Ngalau Sompik juga menjadi objek wisata favorit yang ada di Payakumbuh dan memiliki pemandangan hutan yang masih hijau dan juga cantik, dengan demikian Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

Puncak Marajo









Kemudian Anda juga bisa mengunjungi Puncak Marajo, setelah mengunjungi Ngalau Indah, maka Anda bisa melakukan trekking kurang lebih 1 km untuk bisa sampai di Puncak Marajo ini. Puncak Marajo merupakan sebuah puncak yang mana menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam hijau, kemudian bukit dan juga gunung yang mengelilingi lokasi ini. Rasa lelah pada saat trekking akan terbayarkan pada saat Anda melihat pesona Puncak Marajo ini.

Panorama Ampangan









Lalu Anda juga bisa mengunjungi Panorama Ampangan, tempat ini merupakan salah satu tempat yang mana nantinya Anda bisa memandangi keindahan alam yang sangat luar biasa. Tempat ini juga sering kali dijadikan sebagai lokasi foto yang terbaik serta tempat untuk bersantai terbaik untuk warga Payakumbuh serta Lima Puluh Kota. Di sini nantinya Anda bisa membuat mata menjadi sejuk dan merilekskan pikiran. Letak dari tempat wisata ini ada di Kaki Gunung Sago sekitar 7 km dari pusat kota Payakumbuh. Untuk bisa masuk ke area tersebut, maka Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,- saja dan juga membayar parkir sebesar Rp 2.000,-. Namun jika memang Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini maka sebaiknya persiapkan dengan matang karena memang masih minim penjual makanan maupun fasilitas penunjang lainnya.

Jembatan Ratapan Ibu









Anda juga bisa mengunjungi Jembatan Ratapan Ibu yang merupakan suatu jembatan yang dibangun di tahun 1818 oleh Pemerintah Hindia Belanda menggunakan tenaga paksa dari rakyat Indonesia. Jembatan tersebut melintasi Sungai Batang Agam dan dibangun dengan tujuan menghubungkan Pasar Payakumbuh serta Nagari Aie Tabik. Penamaan jembatan tersebut karena jembatan ini menjadi salah satu tempat di mana pemerintah Belanda mengeksekusia para pemuda dan jasadnya langsung dibuang di sungai tersebut.

Kapalo Banda Taram









Anda juga bisa mengunjungi Kapalo Banda Taram yang merupakan suatu tempat wisata dan dikatakan mirip dengan suatu tempat di Vietnam. Tempat wisata ini sendiri merupakan sebuah danau yang memiliki pemandangan menakjubkan. Lokasinya sendiri ada di Nagari Taram, Harau, Payakumbuh. Pemandangan ini memang sangat wajib dikunjungi karena Anda bisa berakit bambu di atas danau tersebut.

Rumah Gadang Sungai Beringin









Selain itu tidak lengkap rasanya jika saat berkunjung ke Payakumbuh Anda tidak mengunjungi Rumah Gadang Sungai Beringin, yang mana merupakan sebuah rumah khas dari masyarakat Payakumbuh. Rumah ini sendiri diresmikan oleh Menteri Pariwisata pada tanggal 9 Januari 1994. Bangunan tersebut dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan juga Anak Cucu dari masyarakat Minangkabau dan sampai sekarang ini Rumah Gadang tersebut dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang dikelola oleh PT.Pusako sehingga dapat terawat dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar